Infinite Scroll

Infinite Scroll adalah sebuah fitur yang menampilkan sekelompok postingan lagi ketika pengunjung mencapai bagian bawah beranda atau halaman postingan. Infinite Scroll dirancang untuk membantu pengunjung membaca banyak postingan dengan mudah.

Ketika Anda sampai pada bagian paling bawah sebuah halaman, Anda akan melihat ikon ‘memuat’ muncul sebelum tujuh postingan lainnya ditampilkan.

Infinite Scroll akan secara berangsur-angsur ditambahkan pada semua tema yang sekiranya memungkinkan.

Footer

Ketika fitur Infinite Scroll sudah diaktifkan, Anda akan melihat footer standar yang berisi judul blog Anda, yang dapat diklik pengunjung untuk kembali ke puncak halaman.

Jika Anda menggunakan tema berfitur Infinite Scroll dengan widget terpasang di area footer, Anda akan menemukan “Load more posts” di bagian bawah blog Anda (bukan Infinite Scroll yang otomatis).

Mematikan Infinite Scroll

Statistik kami menunjukkan bahwa orang membaca lebih banyak postingan ketika fitur Infinite Scroll diaktifkan, dan kami berharap Anda dapat menikmatinya. Jika tidak, Anda bisa mematikan (dan menghidupkannya kembali) setiap saat dengan menghapus centang dari pilihan “Scroll Infinitely” pada halaman Pengaturan → Membaca.

Frequently Asked Questions

Tema apa saja yang memiliki fitur Infinite Scroll?
Anda dapat melihat daftar tema yang sudah memiliki fitur Infinite Scroll dalam Direktori Tema di http://theme.wordpress.com/themes/features/infinite-scroll/

Apakah Infinite Scroll juga berfungsi pada halaman arsip dan halaman kategori?
Belum. Namun kami ingin menambahkannya suatu saat nanti.

Apakah scrolling-nya mempengaruhi statistik pageview?
Setiap kelompok postingan yang dimuat, baik dengan menggulung (scrolling) maupun dengan menekan “Load more posts”, akan dihitung sebagai pageview baru dalam stats Anda.

Berapa postingan yang dimuat dalam sekali gulung?
Infinite Scroll memuat tujuh postingan sekaligus.

Apakah saya bisa mengubah jumlah postingan yang dimuat sekaligus tersebut?
Anda tidak dapat mengubah jumlah postingan yang dimuat oleh Infinite Scroll. (Pilihan dalam Pengaturan → Membaca → “Blog pages show at most” hanya berfungsi ketika Infinite Scroll dimatikan.

Apakah Infinite Scroll membuat situs saya lebih lambat?
Tidak. Performa merupakan pertimbangan utama dalam mengembangkan Infinite Scroll. (Jika situs Anda menampilkan gambar, slideshow atau video dalam jumlah yang banyak sekali, situs Anda akan jadi lebih lambat meski tanpa Infinite Scroll.)

Bisakah saya matikan?
Bisa. Hapus centang dari pilihan “Scroll Infinitely” pada halaman Pengaturan → Membaca, atau beri widget pada footer Anda.

_______________

Diterjemahkan dari: Infinite Scroll [Catatan penerjemah: masih banyak istilah yang belum nemu (malas nyari) padanannya. Nanti diperbaiki lagi. Mohon kritik dan sarannya :)]
Iklan

8 komentar

  1. wah boleh juga ni, untuk blogger baru seperti saya xD
    good luck blognya

  2. dari penjelasan di atas saya kurang memahami.
    tapi, apakah link di bawah ini bisa di katakan infinite scroll???

    http://ariezetri.wordpress.com/2013/01/04/cara-membuat-scroll-berjalan-sendiri-di-blog-wordpress/

    thank’s

    1. arman budiman · · Balas

      kalau thema anda tidak memiliki widget footer , ketika mouse di scrool ke bawah , anda terus muncul posting2 terdahulu . (tapi tidak semua thema mendukung) CMIIW

  3. gak semua themes mendukung footer widget. yg saya pake selama bertabun2 itu INove dan gak ada footer widgetnya. menurut staf wp.com, saya harus ganti themes. silly !

  4. lama d tunggu, akhirnya ada updetan juga..:)

    1. Iya, semoga mulai sekarang bisa rajin update.

  5. TFS. Manfaat bgt buat saya yg baru pindah ke WP

    1. Harapan kami juga begitu. Semoga nggak bingung dengan istilah dan tata kalimat saya… masih agak gagap setelah sebulanan nggak nulis sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: